Yuk Simak Tips Mempersiapkan Dana Mudik Lebaran 2018 Berikut Ini


Tidak terasa sebentar lagi Anda akan memasuki bulan Ramadhan dan Lebaran 2018. Banyak hal yang mungkin perlu Anda siapkan untuk menyambut Ramadhan dan Lebaran, salah satunya adalah dana untuk mudik Lebaran tahun ini. Ada beberapa cara alternatif yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah keuangan, seperti pinjam uang tanpa jaminan, yang dapat dimanfaatkan sebagai pilihan dalam menyiapkan dana untuk mudik Lebaran.
Mungkin untuk sebagian orang mengatur keuangan adalah hal yang sudah selalu dilakukan setiap bulannya. Tetapi menjelang bulan Ramadhan dan mudik Lebaran, pengelolaan dana harus lebih diperhatikan. Karena biasanya saat Ramadhan dan Lebaran, daftar pengeluaran bisa saja menjadi sedikit lebih banyak dari biasanya. Seperti membeli tiket untuk mudik, membeli oleh-oleh, kue Lebaran, biaya untuk perbaikan rumah dan masih banyak lagi.

Sebaiknya untuk Anda yang sudah memiliki rencana untuk mudik Lebaran tahun ini, persiapkan dan kelola dana mudik Anda sebaik mungkin. Agar tidak berujung pada pemborosan, maka banyaknya pengeluaran dan pendapatan harus dianggarkan. Untuk itu, agar terhindar dari pemborosan, simak tips di bawah ini yang akan membantu Anda dalam mempersiapkan dana mudik lebaran.

Rancang anggaran khusus
Rancangan anggaran khusus ini penting, karena dimaksudkan untuk memberikan batas maksimal pengeluaran Anda selama Ramadhan dan Lebaran. Artinya, dengan membuat rancangan anggaran khusus, maka akan menekan perilaku konsumtif.

Siapkan dana mudik Anda jauh-jauh hari
Jika Anda telah memiliki rencana untuk mudik Lebaran, maka menyiapkan dana mudik jauh-jauh hari adalah hal yang penting untuk dilakukan. Setidaknya Anda bisa menyisihkan 10 sampai 20 persen uang dari penghasilan bulanan untuk keperluan mudik.

Siapkan dana untuk keberangkatan sampai pulang lagi. Berapa besarnya anggaran yang Anda siapkan, itu tergantung dari berapa jumlah keluarga yang akan ikut mudik dan juga alat trasportasi apa yang akan digunakan.

Namun, jika pada akhirnya dana yang telah Anda siapkan masih kurang, maka bisa menggunakan alternatif dengan cara pinjam uang tanpa jaminan di Tunaiku.

Sesuaikan pemilihan transportasi dengan budget Anda
Gunakanlah kendaraan pribadi jika kampung halaman Anda tidak terlalu jauh dari tempat rantau. Hal ini dipastikan akan menekan biaya pengeluaran mudik Lebaran karena lebih murah daripada transportasi umum seperti bus atau kereta api.

Tapi, jika Anda ingin menggunakan transportasi umum, maka usahakan untuk membeli tiket minimal tiga bulan sebelum mudik Lebaran, karena untuk menghindari lonjakan harga yang biasa terjadi saat Ramadhan dan Lebaran.

Ambil peluang untuk pemasukan tambahan
Biasanya saat bulan Ramadhan dan Lebaran, banyak terdapat usaha-usaha musiman yang digeluti oleh banyak orang. Biasanya usaha pembuatan takjil dan makanan yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang. Hal tersebut sebenarnya bisa Anda lakukan untuk menambah pemasukan Anda, sehingga dapat menutupi dana pengeluaran Anda juga.

Namun jika dirasa belum cukup, Anda bisa mengajukan pinjam uang tanpa jaminan yang saat ini disediakan oleh Tunaiku.

Berkomitmen dengan anggaran yang telah dibuat
Hal ini mungkin akan sedikit sulit untuk Anda lakukan, karena biasanya pada bulan Ramadhan dan Lebaran banyak barang-barang yang ingin Anda beli. Tetapi susunan anggaran yang telah Anda buat mungkin akan sia-sia jika tidak ditepati.

Untuk itu, saat Anda berbelanja untuk keperluan Ramadhan dan Lebaran sebisa mungkin jangan keluar dari apa yang telah dianggarkan. Dengan begitu dana untuk mudik Lebaran akan tetap stabil.
Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mempersiapkan dana mudik Lebaran tahun ini. Jika ada beberapa hal yang keluar dari apa yang sudah Anda anggarkan, solusinya adalah Anda bisa menggunakan dana alternatif seperti pinjam uang tanpa jaminan di Tunaiku. Ini dapat membantu menutupi pengeluaran yang keluar dari rancangan anggaran yang telah dibuat sebelumnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.