Tak Perlu Disuapi atau Selalu Ditemani, 16 Gambar Parenting yang Mendidik Anak Mandiri Sejak Bayi


Sebagai orang tua, memang sudah menjadi sebuah kewajiban untuk menjaga anak-anaknya dengan baik. Namun, sayangnya kewajiban tersebut kerap dibumbui kekhawatiran yang pada akhirnya membuat banyak orangtua menjadi terlalu posesif pada anak-anaknya. Kebebasan sang anak sangat dibatasi. Padahal membiarkan mereka bebas bermain dan melakukan banyak hal sendiri dari sejak usia dini, memungkinkan mereka untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri dan kreatif.
Seperti misalnya sesederhana membiarkan mereka dari sejak bayi untuk makan tanpa disuapi atau pergi ke sekolah tanpa pengawasan orang dewasa. Dengan memberi kebebasan dan kepercayaan tersebut, anak-anakmu kelak akan berkembang jadi pribadi yang lebih baik.

1. Wajar jika bayi menangis, tapi bukan berarti kita tak bisa ajarkan cara berkomunikasi lain. Meski belum bisa bicara, sign language sederhana dapat jadi alternatif daripada tangisan.


2. Bayi pun sebenarnya sudah bisa makan sendiri tanpa disuapi. Meski berantakan, tapi menanamkan kebiasaan ini sedini mungkin itu penting bagi pertumbuhannya.


3. Kebiasaan sederhana tapi penting, seperti buang sampah sebenarnya juga bisa diajarkan sejak masih bayi. Coba jadikan permainanan agar membuang sampah terasa menyenangkan.


4. Konsep yang sama juga bisa diberlakukan untuk laundry. Bayi berumur satu tahun pun sebenarnya sudah cukup mampu memasukkan pakaian kotornya ke keranjang laundry .


5. Mengompol terus-menerus juga tak boleh dibudayakan karena menurutmu itu wajar. Jika anak sudah cukup mengerti tanda-tanda ingin ke belakang, harus mulai didudukkan di toilet.


6. Jangan ragu terapkan hukuman saat mereka melakukan kesalahan. Membedakan mana yang salah dan benar adalah pelajaran terpenting supaya anak nantinya bisa buat keputusan sendiri


7. Salah satu negara yang terkenal menerapkan kemandirian dari dini adalah Jepang. Tidak aneh jika anak-anak sudah mulai diajarkan berpergian sendiri sejak balita.


8. Memberikan tugas-tugas kecil pada anakmu juga salah satu cara mengenalkan tanggung jawab pada mereka. Di Jepang, ini sudah jadi tradisi sebelum masuk SD.

9. Lagi-lagi di Jepang, kemandirian tak hanya diajarkan orangtua di rumah tetapi juga aktivitas di sekolah. Dari jadwal bersih-bersih dan mempersiapkan makan siang untuk teman-temannya.


10. Tak hanya membiasakan mereka untuk makan tanpa disuapi, bertanggungjawab atas piring-piring kotor juga bisa mulai diterapkan dari kecil.


11. Tanpa pengawasan orangtua, bila dilatih anak-anak tetap bisa bertanggung jawab di luar rumah.


12. Dengan memberi kepercayaan pada mereka untuk berangkat dan pulang sekolah sendirian, mereka akan jauh lebih merasa bahagia dan bebas.


13. Membiarkan anak-anakmu bebas bermain di luar melatihnya menjadi pribadi yang kreatif. Alam pun bisa jadi sarana bagi mereka untuk belajar.


14. Jangan batasi mereka berkreasi. Bebaskan anak-anakmu kelak untuk bermain sebebaskan. Nggak apa-apa kotor-kotoran asal dapat pelajaran.

15. Kalau bisa sediakan mereka dinding khusus untuk mereka berkreasi. Sebut saja sebagai dinding kebebasan…



16. Sesekali tantang anakmu kelak untuk mencoba permainan yang mengasah keberanian mereka. Agar mereka tumbuh menjadi anak yang pemberani.



sumber : https://www.hipwee.com/motivasi/tak-perlu-disuapi-atau-selalu-ditemani-16-gambar-parenting-yang-mendidik-anak-mandiri-sejak-bayi/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.