Tak Perlu Diolesi Obat, Atasi Sariawan dengan 10 Bahan Alami Ini!



Luka di bibir sering perih dan mengganggu. Tak perlu mengolesi obat kimiawi, banyak makanan alami yang bisa menyembuhkan sariawan.

Izin beredar obat sariawan yang policresulen baru saja dibekukan. Albothyl serta tiga produk obat lainnya dilaporkan, karena memiliki efek samping yang cukup berbahaya ketika digunakan untuk mengobati sariawan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menganjurkan untuk menghindari penggunaan obat-obat tersebut, dan beralih ke obat lain yang mengandung salah satunya vitamin C. 

Tidak perlu khawatir untuk mengatasi sariawan, Anda bisa beralih ke pengobatan alami menggunakan bahan-bahan yang
ada di rumah. 
Berikut 10 bahan alami untuk mengatasi sariawan.

1. Akar manis 


Akar manis atau akar licorice dapat menyembuhkan sariawan, karena ramuan ini bekerja sebagai pereda dan membentuk lapisan pelindung pada selaput lendir yang menahan iritasi dan meredakan peradangan. Cara penggunaannya, rendam satu sendok akar manis yang telah diha
luskan ke dalam dua gelas air selama 2-3 jam. Gunakan sebagai obat kumur-kumur selama beberapa kali sehari hingga sariawan mereda.

2. Santan 


Santan memiliki manfaat yang baik untuk menyembuhkan rasa perih sariawan. Caranya,campurkan sedikit madu ke dalam satu sendok santan, dan baluri ke bagian sariawan, setidaknya tiga sampai empat kali dalam sehari.

3. Garam laut dan hidrogen peroksida 


Garam laut dan cairan hidrogen peroksida dapat menjadi obat sariawan yang ampuh. Anda bisa mendapatkan hidrogen peroksida 3% di apotik terdekat. Dua bahan ini mengandung anti-inflamasi, antiseptik, dan disinfektan. Anda bisa menggunakannya secara terpisah atau dikombinasiikan untuk hasil yang lebih cepat dan efektif. 

Caranya, tambah dua sendok teh masing-masing garam laut dan hidrogen peroksida 3% ke dalam segelas air hangat, aduk hingga merata lalu kumur-kumur. Lakukan ini sekali atau dua kali dalam sehari, pastikan Anda tidak menelannya.

4. Biji ketumbar


Biji ketumbar merupakan obat yang ampuh dalam dunia medis Ayurvedic yang terbukti meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan. 

Rebus satu sendok teh biji ketumbar dalam segelas air, kemudian saring dan biarkan dingin, lalu gunakan untuk kumur-kumur selama beberapa menit. lakukan 3-4 kali dalam sehari.

5. Soda kue


Soda kue juga disebut sebagai sodium bicarbonate, membantu mengobati sariawan. Soda kue mampu mengurangi peradangan dan menghilangkan kuman serta bakteri, meski rasanya akan sedikit perih ketika dioleskan ke bagian sariawan. 

Cara penggunaannya, campur 1 sdt soda kue dengan sedikit air untuk membuat tekstur cairan yang encer. Usapkan ke daerah sariawan, ulangi beberapa kali dalam sehari. Anda juga bisa langsung mengoleskan sodakue ke daerah yang terkena sariawan.

6. Madu


Madu bisa meredakan sariawan serta mempertahankan kelembaban dan mempercepat proses penyembuhan. Karena madu mengandung antioksidan dan antimikroba. Cukup celupkan kapas ke dalam madu, lalu oleskan kapas ke daerah yang terjangkit sariawan. Selain sariawan, madu juga bisa menyembuhkan luka mulut yang disebabkan oleh terapi radiasi, gunakan jenis madu manuka.

7. Lidah buaya 


Mengoleskan gel atau jus lidah buaya di daerah yang terkena sariawan, dapat mengurangi rasa sakit serta mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya juga berkerja sebagai antiseptik alami. Selain itu, lidah buaya memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivriral. Tidak hanya sariawan, tapi beberapa masalah kesehatan lainnya seperti kesehatan mulut, bisul mulut, radang mulut, dapat disembuhkan dengan lidah buaya.

8. Seledri


Cukup mengunyah tangkai seledri, sariawan bisa terobati. Seledri mengandug asam folat, vitamin B1, B2, B6, dan vitamin C yang berguna untuk menyembuhkan sariawan. Caranya,kunyah tangkai seledri dan biarkan di dalam mulut selama 10 menit sebelum dibuang, ini juga berguna untuk menghilangkan bau mulut.

9. Daun kemangi


Daun kemangi mempercepat proses penyembuhan sariawan, karena mengandung sifat antibakreri, antijamur, dan antiviral. Caranya, cuci empat atau lima daun kemangi. Kunyah di bagian sariawan, lalu minum sedikit air setelah itu. Lakukan sekali atau dua kali dalam sehari. Metode ini juga menhilangkan nafas tak sedap.

10. Es batu


Es batu adalah obat rumahan yang efektif untuk meredakan rasa sakit dari sariawan. Oleskan es batu ke area yang terkenat sariawan, meski awalnya terasa perih dan sedikit panas, tapi setelah itu rasa sakit akan sedikit menghilang.


sumber : https://food.detik.com/info-sehat/d-3870710/tak-perlu-diolesi-obat-atasi-sariawan-dengan-10-bahan-alami-ini

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.